Jaringan sosial merupakan suatu sistem, alat, ataupun layanan yang dapat menghubungkan manusia pada suatu kota, provinsi, negara, bahkan antar benua. Jaringan sosial juga biasanya menampilkan identitas pribadi, baik berupa data diri maupun foto-foto. Selain itu biasanya akan menampilkan sesuatu yang sangat mereka sukai dalam hidupnya lewat jaringan sosial yang mereka ikuti. Dengan semakin banyak teman yang dimiliki maka akan membuka peluang baru untuk berkomunikasi. Misalnya, seseorang bisa mengirimkan satu pesan untuk semua temannya ataupun bisa juga menjadi ajang kampanye bagi para elite politik, bisa sebagai ajang bisnis atau iklan produk baru bagi para pebisnis.
Contoh jaringan sosial antara lain :
a. Friendster
Friendster Sebagai layanan jejaring sosial menyediakan semua fitur dasar yang diperlukan, seperti pemantauan perkembangan teman-teman, rekomendasi dan komentar, pengiriman pesan baik buat pribadi maupun pada semua orang, pembuatan grup serta berbagi foto. Tata letak relatif sederhana dan tidak rumit menjadikan banyak orang tetap bertahan pada situs ini.
friendster.com |
b. Multiply
Datang lebih kemudian daripada Friendster, Multiply cukup mendapat tempat di kalangan pemakai Internet di Indonesia. Situs ini mengambil pendekatan yang agak berbeda, dengan menawarkan fasilitas ekstra, yang tidak hanya berpusat pada jaringan sosial. Sebagai contoh dari awal Multiply sudah menawarkan fasilitas blog atau jurnal, video, dan review (buku, film, makanan).
multiply |
c. Facebook
Kelebihan Facebook terutama karena situs ini dapat dijadikan platform untuk mengembangkan aplikasi web, yang disebut sebagai aplikasi Facebook. Dengan menggunakan API (application programming interface) para pengembang web dapat memperluas fitur dalam situs Facebook ini. Fitur tambahan ini bisa mulai dari yang bersifat main-main seperti game vampire dan zombie, sampai buat perekrutan orang buat kampanye menjaga lingkungan hidup.
d. LinkedIn
Satu hal yang membedakan LinkedIn dengan situs-situs jaringan sosial yang lain adalah sifatnya yang serius. Bila Friendster, Multiply dan Facebook dapat digunakan untuk bermain dan bergaul, fitur-fitur LinkedIn semata-mata ditujukan untuk bisnis.
Manfaat yang bisa kita dapatkan dari jejaring sosial, apalagi jika kita manfaatkan secara maksimal maka kita bisa mendapatkan sebuah “iklan diri” secara gratis melalui teman-teman yang ada di jaringan kita. Mungkin untuk orang yang sudah cukup konsisten berkecimpung di jaringan sosial dan menjadi terkenal maka pekerjaanlah yang akan mencarinya bukan dia yang mencari pekerjaan. Sehingga bagi para mahasiswa yang masih belum punya banyak prestasi dan terkenal di masyarakat, maka jaringan sosial akan sangat membantu untuk mempromosikan diri ke masyarakat dan untuk mempublikasikan hal-hal yang pernah kita lakukan untuk meningkatkan “nilai jual” kita.
linkedeln |
Referensi :
http://www.internetmarketingterbaik.com/2010/01/apa-jaringan-sosial-websites.html
http://nicasiodesign.com/blog/social-networking/using-social-networking-in-business/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar